Update Dota 2 7.07 Jadi Akhir dari Era Unique Attack Modifiers


Selain Iron Talon dan Stout Shield, pada update dota 7.07 ini kita juga kehilangan hal lain, yaitu unique attack modifiers!

Update Dota 2 7.07 ini memang terbilang sangat salah satu update yang monumental seperti kemarin ketika Dota untuk pertama kalinya mengubah gameplay Dota sepenuhnya lewat Dota 2 Update 7.00. Tak hanya menambahkan fitur-fitur baru, hero baru, atau item baru, update Dota 2 7.07 ini juga menghilangkan beberapa hal.

Salah satu yang paling menempel di ingatan kita adalah dihilangkannya dua item murah yang jadi favorit para pemain Dota, apalagi untuk fase permainan early games, yaitu Iron Talon dan Stout Shield.

Selain dua item tersebut, ternyata Valve dan Icefrog juga menghilangkan salah satu mekanisme permainan yang sebelumnya mungkin bisa dibilang khas dota. Mekanisme yang satu ini bernama Unique Attack Modifier atau disingkat UAM. Memang ada apa sih dengan Unique Attack Modifier? Simak penjelasan pada update pada laman resmi Dota berikut.


Poin pertama dari penjelasan update Unique Attack Modifier adalah Valve dan Icefrog akhirnya memutuskan untuk menghilangkan semua efek Unique Attack Modifier yang tersisa di Dota 2. Hal ini mungkin seperti apa yang sudah diramalkan oleh komunitas Dota, bahwa pada akhirnya mekanisme Unique Attack Modifier akan dihapuskan.

Hal tersebut memang dilakukan Valve dan Icefrog secara bertahap mulai dari update 6.81. Pada update tersebut sendiri Icefrog mulai menghilangkan status UAM Burning Spear milik Huskar dan Fury Swipes dari Ursa. Semenjak update tersebut, Icefrog secara konsisten terus menghilangkan efek UAM satu per satu sampai akhirnya dihilangkan semua pada update kali ini.


UAM sendiri bisa dibilang mekanisme permainan bawaan dari DotA Warcraft, yang ketika itu disebut sebagai orb effect. Ketika itu orb effect tak bisa ditumpuk satu dengan yang lain. Apabila ditumpuk maka hanya akan ada satu efek orb effect saja yang aktif.

Jadi contoh, ketika kamu menggunakan Anti Mage, maka kamu tak bisa menggunakan item Mask of Madness. Hal ini karena skill Mana Break dan efek Lifesteal merupakan orb effects atau UAM yang tak bisa digunakan dalam satu waktu.

Kini dengan dihapuskannya mekanisme orb effect atau UAM, maka berbagai attack modifier atau mekanisme modifikasi serangan jadi dapat ditumpuk satu sama lain. Ambil contoh yang lebih dahulu dirasakan oleh pemain Dota ketika efek Fury Swipes tak lagi menjadi UAM, maka banyak pemain yang mulai menggunakan Mask of Madness untuk Ursa.


Meski sempat jadi perdebatan di komunitas Dota, namun dengan berbagai penyesuaian pada item Mask of Madness itu sendiri, membuat hal ini sudah tak lagi jadi masalah karena terasa terlalu IMBA.

Jadi menurut kamu sendiri apakah hilangnya mekanisme UAM ini membuat Dota jadi lebih baik, jadi terasa IMBA? Atau? Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar ya!

dg

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Update Dota 2 7.07 Jadi Akhir dari Era Unique Attack Modifiers"

Post a Comment